Menjalankan Usaha Sampingan di Bulan Ramadhan

Menjalankan Usaha Sampingan di Bulan Ramadhan
Suatu usaha terkadang membutuhkan momentum, salah satunya usaha sampingan di bulan Ramadhan. Sebagai bulan suci yang istimewa, umat Islam pun menyambut Ramadhan secara istimewa pula. Nah, jika jeli melihat peluang, maka berbagai kebutuhan rumah tangga di bulan Ramadhan bisa jadi lahan usaha sampingan.

Kebutuhan yang paling mudah dilihat adalah keperluan pokok seperti berjenis-jenis makanan, aneka minuman,  pakaian untuk hari Lebaran, termasuk kebutuhan dana plus untuk hari lebaran. Kesibukan umat muslim menjelang lebaran merupakan celah bisnis yang bisa kita jadikan lahan rezeki yang berlimpah.
Sayang sekali jika bulan suci Ramadhan yang sarat potensi usaha dilewatkan begitu saja. Nah,  jenis bisnis apa saja yang cocok dijadikan usaha sampingan di bulan Ramadhan? Ini dia!

1.    Bisnis Busana Lebaran
Keperluan pakaian baru biasanya akan meningkat sejak awal hingga akhir Ramadhan. Memang, mengenakan baju baru saat Lebaran bukanlah kewajiban umat muslim, akan tetapi kebiasaan ini telah membudaya sejak lama, sehingga tetap dilakukan secara turun temurun hingga sekarang. Sebagai peluang bisnis, usaha menjual busana menjelang Lebaran merupakan usaha sampingan primadona. Bagaimana tidak, orang dewasa, lansia, hingga anak-anak, semuanya mengenakan baju baru saat Lebaran. Tak cuma itu, sarung hingga alas kaki pun biasanya baru.  

Model baju yang tergolong laris manis menjelang Lebaran adalah busana muslim. Permintaan terhadap model jenis ini tak pernah surut sepanjang tahun, dan puncaknya adalah menjelang Lebaran. Nah, jadikanlah kebutuhan busana Lebaran ini sebagai usaha sampingan di Bulan Ramadhan.

2.    Bisnis Kue Lebaran
Berbagai jenis kue kering dalam stoples transparan selalu merajai pemasaran kue-kue menjelang lebaran. Fenomena ini terjadi setiap tahun menjelang Lebaran. Untuk menjalankan bisnis sebenarnya tak harus piawai membuat kue kering. Jika mau berbisnis yang praktis, jadilan agen atau pemasaran kue kering Lebaran. Buatlah brosur yang memuat gambar kue yang dilengkapi daftar harga, lalu promosikan pada orang-orang dekat dulu. Jika sambutan pasar cukup memuaskan, pemasaran bisa diperluas lewat jalur online. Sangat praktis dan bisa menghemat modal. Nah, apakah Anda berminat menjalankan usaha sampingan di bulan Ramadhan ini?

3.    Penganan Khas Buka Puasa
Tak sedikit orang yang menjalankan usaha sampingan bulan Ramadhan di bidang kulier, seperti penjualan berbagai jenis makanan khas buka puasa seperti kolak, es buah, cendol, aneka puding, bubur kacang hijau, berbagai jenis gorengan, dan sebagainya. Namun, pada  kenyataannya, jumlah konsumen selalu membludak. Jadi, untuk menjalankan usaha sampingan di bulan Ramadhan ini, lakukanlah tanpa ragu, jangan takut persaingan, karena masing-masing penganan memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Jangan khawatir kekurangan pembeli, karena konsumen pun memiliki selera berbeda-beda. Siapa tahu, selera mereka lebih pas dengan produk kuliner kita!    

Begitulah contoh-contoh usaha sampingan di bulan Ramadhan yang cukup potensial dalam mendatangkan limpahan rezeki. Berniat mencoba?