Bisnis Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

Bisnis Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga
Apa saja bisnis usaha sampingan yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga? Ibu-ibu kreatif yang biasa bergerak aktif tentu akan merasa bosan jika tidak memiliki kegiatan, atau berdiam diri saja di rumah, sementara anak-anak mulai beranjak besar dan tak perlu diasuh lagi. 

Nah, kenapa ibu-ibu ini tidak menjalankan bisnis usaha sampingan? Selain bermanfaat sebagai pengisi waktu luang, aktivitas ini juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Nah, bisnis usaha sampingan apa saja yang bisa dijalankan ibu-ibu rumah tangga?

1. Bisnis Reseller
Anda bisa menjalankan bisnis penjualan berbagai jenis barang, baik berupa makanan, peralatan rumah tangga, atau kosmetik milik orang lain. Agar tidak menyita waktu dan irit biaya, lakukan penjualan ini secara online.

2. Bisnis Penjualan Pulsa
Untuk menjalankan bisnis ini Anda tak perlu memiliki kios atau toko sendiri. Cukup dengan menyebar nomor ponsel Anda pada teman dan kerabat, untuk melakukan penjualan pulsa. Mereka bisa memesan pulsa pada Anda melalui sms. Sungguh praktis dan mudah.

3. Menerima Pesanan Pembuatan Kue
Bagi kaum ibu yang hobi atau senang membuat kue, cobalah tawarkan keahlian Anda pada teman-teman dekat, untuk membuat kue-kue basah bagi keperluan pesta kecil, rapat, atau arisan.

4. Menjalankan Usaha Laundry
Syarat utama untuk menjalankan usaha ini adalah memiliki mesin cuci. Jika Anda sudah memilikinya di rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai barang modal. Tawarkanlah jasa mencuci pakaian pada kerabat dan tetangga terdekat dahulu. Jika respons cukup baik, Anda bisa mengembangkannya jadi usaha yang lebih besar.

5. Menulis Artikel/Cerpen/Puisi
Tak sedikit kaum ibu memiliki kemampuan menulis, namun membiarkan kemampuan ini sebagai potensi terpendam. Galilah kembali potensi Anda yang satu ini. Jika dimanfaat secara maksimal, tentu dapat mendatangkan keuntungan luar biasa. Anda bisa menulis secara online, bisa pula menulis ke koran maupun majalan konvensional. Semuanya bisa mendatangkan uang, dan bisa jadi bisnis usaha sampingan yang menggiurkan.

6. Buka Warung
Buka warung juga bisa jadi bisnis usaha sampingan yang menyenangkan. Anda bisa bekerja di rumah. Dengan menjalankan aktivitas ini, usaha Anda bisa lancar, pekerjaan rumah tangga pun tidak terabaikan. Besar kecilnya usaha warung sangat bergantung pada modal yang dimiliki.

7. Bisnis Penjualan Obat Herbal
Anda bisa menghubungi agen untuk menjalankan bisnis ini. Penjualan dapat dilakukan dalam dua cara, yakni secara door to door atau memanfaatan pertemuan ibu-ibu seperti rapat dan arisan, bisa juga dengan memanfaatkan dunia online.

Demikianlah beberapa bisnis usaha sampingan yang bisa dijalankan kaum perempuan tanpa meninggalkan tugas utamanya sebagai ibu rumah tangga. Hal paling penting, lakukanlah bisnis usaha sampingan ini penuh semangat dan senang hati, agar Anda tidak merasakan kegiatan ini sebagai beban, melainkan lebih merupakan hiburan yang menghasilkan rezeki.