Contoh Usaha Sampingan Tanpa Modal

Contoh Usaha Sampingan Tanpa Modal
Mungkinkah menjalankan usaha sampingan tanpa modal?  Kenapa tidak? Ya, saat ini, begitu banyak orang yang ingin memulai usaha, namun bingung harus memulai dari mana, sementara ia tak memiliki sedikit pun modal.

Padahal, di dunia usaha terdapat banyak sumber penghasilan sampingan yang bisa dijalankan tanpa modal. Tidak percaya? Ini dia!

1. Menjadi Reseller Produk
Reseller produk adalah kegiatan menjual kembali barang milik seseorang pada konsumen. Ragam produk yang ditawarkan di antaranya adalah alat rumah tangga, makanan cemilan, kosmetik, pakaian, perlengkapan sekolah, gadget elektronik, dan lain-lain. Pilihlah barang-barang berharga di bawah pasaran, agar menjualnya pun bisa lebih mudah.

2. Usaha Servis Barang Elektronik
Usaha ini tidak membutuhkan modal puluhan juta, dan bisa dilakukan sendiri di rumah sambil mengisi waktu luang.

3. Usaha Laundry
Modal utama usaha ini adalah mesin cuci. Jika Anda sudah memilikinya di rumah, cobalah tawarkan jasa cuci baju pertama-tama pada orang-orang terdekat dulu, lalu pada kerabat dan tetangga.

4. Jasa Potong Rambut
Beruntunglah jika Anda memiliki keahlian memotong rambut. Segera manfaatkan skill Anda ini untuk menangguk keuntungan di rumah, dengan menyediakan ruang sederhana khusus untuk potong rambut.

5. Usaha Cuci Motor
Bisnis jasa cuci motor juga merupakan salah satu usaha sampingan tanpa modal. Modal utamanya hanyalah keterampilan mencuci motor dan memiliki sumber air bersih yang cukup berlimpah. Tentu saja ada diperlukan perlengkapan lainnya seperti ember, lap, air, dan shampo motor.

6. Menjadi Broker dalam Bisnis Properti
Banyak orang menganggap bisnis ini harus dijalankan menggunakan modal besar. Padahal tidaklah demikian. Hanya, untuk memulainya, seseorang harus memiliki wawasan di bidang properti, memiliki jaringan relasi yang luas, pintar negosisasi, dan bisa meyakinkan investor untuk memasarkan barang-barang properti miliknya.

7. Usaha Print Foto
Jika Anda memiliki printer warna dan 1 unit komputer, maka Anda bisa menjalankan usaha print foto di rumah. Perelengkapan lainnya hanya kertas foto yang bisa dibeli di toko buku. Tawarkanlah usaha baru Anda pada tetangga dan kenalan dekat.

8. Usaha Membuat Kue
Jik Anda bisa membuat kue, apakah itu kue ulang tahun atau kue-kue basah untuk konsumsi acara keluarga dan arisan, cobalah tawarkan jasa Anda sebagai pembuat kue pada beberapa kenalan. Buatlah kue berdasarkan pesanan saja, sehingga Anda tak membutuhkan modal besar untuk menjalankan usaha ini.

9. Usaha Penitipan Hewan
Usaha ini pun nyaris tanpa modal. Hanya dibutuhkan tempat yangmemadai untuk menampung hewan-hewan peliharaan. Biasanya, hewan peliharaan dititipkan ketika pemiliknya pergi ke luar kota. Syarat utama usaha sampingan tanpa modal ini adalah Anda seorang penyayang binatang.

Demikianlah  Beberapa Usaha Sampingan Tanpa Modal yang bisa Anda pilih. Semoga contoh-contoh usaha sampingan tanpa modal ini bisa menginspirasi Anda.