Kiat Menggali Ide Bisnis Rumahan

Kiat Menggali Ide Bisnis Rumahan
Bagaimana cara mendapatkan ide bisnis rumahan? Ya, belakangan ini, bisnis rumahan tengah digemari kaum ibu rumah tangga yang sedang menjalankan usaha sampingan. Kelebihan bisnis rumahan terletak pada kepraktisannya. Pelaku usaha tak perlu pergi ngantor atau menunggui toko dari pagi hingga sore. Bisnis rumahan juga terbebas dari masalah kemacetan dalam perjalanan menuju lokasi usaha.

Namun, terkadang, ibu rumah tangga yang berminat terjun ke dalam bisnis rumahan bingung bagaimana cara mendapatkan ide bisnis rumahan. Ada rasa takut salah pilih bidang usaha, sehingga tidak mantap dalam menjatuhkan pilihan. Bagaimana cara menggali ide bisnis rumahan? Seringkali, ide bisnis rumahan tidak datang dengan sendirinya. Melainkan, harus digali dan dicari sendiri. Bagaimana cara mencari ide binis rumahan? Berikut adalah beberapa kiatnya.

1.    Bacalah berbagai referensi mengenai bisnis rumahan, baik di koran-koran, majalah, maupun berbagai situs di internet. Pelajari semuanya secara cermat. Ingatlah, apa yang ingin Anda utamakan dalam bisnis rumahan yang hendak dijalani. Misalnya, aspek kepraktisan, modal kecil, ataukah sama sekali tanpa modal.

2.    Dapatkan berbagai referensi tentang bidang bisnis rumahan yang paling Anda sukai misalnya bidang kuliner, bidang fotografi, tata rambut, atau fashion. Melakukan bidang bisnis yang sesuai dengan kesukaan atau hobi dapat membangkitkan passion Anda, sehingga suasana kerja jadi lebih menyenangkan.

3.    Berdiskusi dengan orang-orang yang menguasai kewirausahaan atau orang-orang yang telah sekses menjalankan ide bisnis rumahan. Jika perlu, mintalah saran pada mereka.

4.    Perhatikanlah suasana di sekitar tempat tinggal Anda. Fasilitas apakah yang belum ada? Apakah belum ada jasa penjahit pakaian wanita? Atau bidang fotografi? Atau mungkin penjual minuman dingin? Hal-hal seperti ini dapat memunculkan ide bisnis rumahan, sehingga Anda merasa mantap untuk menjatuhkan pilihan.

5.    Berjalan-jalan ke banyak tempat. Amatilah berbagai kawasan yang Anda kunjungi, terutama berbagai jenis ide bisnis rumahan yang ada di daerah tersebut.

Jika Anda sudah mendapatkan ide bisnis rumahan yang hendak dijalankan, langkah berikutnya adalah menentukan masalah permodalan. Pastikanlah sumber modal dan cara-cara pengembaliannya agar tidak membebani usaha Anda.

Tentukan pula ruangan yang tepat di rumah untuk menjalankan usaha rumahan Anda. Ruangan tersebut perlu didesain sesuai bidang usaha rumahan yang telah direncanakan, agar tampak menarik minat konsumen.

Pastikan pula apakah Anda membutuhkan seseorang untuk membantu bisnis rumahan Anda? Jika ya, buatlah kesepakatan mengenai fee atau gaji yang akan ia terima nanti. Sebagai awal usaha, sebaiknya tidak terlalu banyak merekrut pegawai. Namun jika sangat dibutuhkan, satu orang pun cukuplah.

Demikian berbagai langkah untuk menggali ide bisnis rumahan Anda. Upayakan agar Anda dapat merealisasikan ide bisnis rumahan yang telah didapatkan sesuai dengan kondisi yang Anda. Selamat berbisnis!