Menggali Ide Usaha Sampingan

Menggali Ide Usaha Sampingan
Bagaimana cara menggali ide usaha sampingan? Merupakan fakta tak terbantahkan bahwa banyak orang berhasrat menjalankan usaha tambahan untuk menambah penghasilan. Ya, ketika tingkat inflasi melambung disertai harga sembako yang meroket, usaha sampingan jadi pilihan jitu.

Akan tetapi, semangat untuk menjalankan usaha sampingan itu seringkali jadi menyusut ketika menjumpai kenyataan betapa sulitnya menggali ide usaha sampingan. Ada rasa takut gagal, ada rasa takut terkena risiko, dan sebagainya, sehingga seringkali calon pelaku bisnis jadi kehilangan rsa percaya diri.

Menggali Lewat Referensi

Sebelum memasuki dunia usaha sampingan, ada baiknya calon wiraswastawan menggali dulu berbagai referensi mengenai dunia usaha lewat berbagai media, baik media online maupun media konvensional.  Ada banyak strategi berbisnis berikut kisah-kisah orang yang sukses berwiraswasta. Siapa tahu hal ini bisa menginspirasi Anda yang tengah kebingungan.

Selain itu, cobalah berdiskusi dengan rekan-rekan Anda yang telah lebih dulu sukses dalam menjalankan usaha sampingan. Cermatilah langkah-langkah mereka, dan ambillah hikmah pengalaman mereka ketika menjumpai kegagalan.

Satu hal yang perlu ditanamkan adalah jauhilah sikap takut gagal atau kecemasan menghadapi risiko. Pasalnya dunia usaha memang merupakan dunia risiko. Hal yang perlu dipikirkan adalah bagaimana menjauhkan diri dari risiko itu, dan kalaupun ada risiko yang tak dapat dihindari, tinggal menyiasati bagaimana cara meminimalkan dampak dari risiko tersebut.

Mencermati Kondisi

Ide usaha sampingan sebenarnya bisa saja didapat dari sekitar kita. Amati dan cermatilah, fasilitas apa saja yang belum ada di daerah tempat tinggal Anda? Warung minuman? Warung nasi? Warung sembako? Jasa pesanan kue? Penjual tabung gas? Ataukah jasa pengetikan? Pilihlah satu dari sekian banyak pilihan ide usaha sampingan yang memang belum hadir di daerah tempat tinggal Anda.

Buatlah analisis sederhana mengenai kemungkinan keuntungan dan kerugiannya. Pikirkan pula bagaimana cara meminimalkan risiko, jika kondisi buruk itu benar-benar muncul ketika Anda tengah merealisasikan ide usaha sampingan. Diskusikan dengan orang-orang terdekat agar Anda tidak kehilangan semangat, bahkan sebaliknya mendapatkan dukungan. Bagaimanapun, dukungan dari orang-orang terdekat bisa jadi motivasi yang hebat, sehingga Anda tak pernah merasa takut untuk mengambil keputusan.

Sumber Ide Usaha Sampingan Lainnya

Ide usaha sampingan, kadang-kadang, muncul begitu saja tanpa kita cari. Misalnya, Anda mendapatkannya  ketika baru saja selesai membaca sebuah novel. Ide juga bisa muncul begitu saja ketika – misalnya – seorang tetangga mengeluhkan jauhnya jarak jasa print foto. Atau, ketika ibu mertua mengeluhkan telur pecah yang ia beli jauh-jauh dari pasar. Nah, kenapa Anda tidak buka jasa print foto atau menjadi agen penjualan telur ayam?  
  
Masih banyak cara untuk mendapatkan ide usaha sampingan. Hal paling penting adalah Anda sudah memiliki tekad yang mantap untuk menjalankan ide usaha sampingan.