Peluang Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Peluang Usaha Sampingan Bagi Karyawan
Adakah peluang usaha sampingan bagi karyawan? Jadi karyawan itu memang memiliki sisi positif, yakni memiliki gaji tetap,mendapatkan beberapa jenis tunjangan, memiliki  jadwal kerja teratur, dan sebagainya. Namun, karena berbagi hal, ada kalanya karir seorang karyawan stagnan, walaupun loyalitasnya seaga karyawan telah teruji. Buntutnya, tak sedikit di antara mereka yang memulai usaha baru yang sarat tantangan.

Banyak di antara mereka yang menjalankan usaha sampingan tanpa melepas status karyawan, akan tetapi tak sedikit pula yang akhirnya memutuskan berhenti bekerja dan menjadikan bisnis sampingan sebagai pekerjaan utama.

Di dunia bisnis, begitu banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan. Di antaranya adalah:

Memanfaatkan Hobi Sebagai Usaha Sampingan

Banyak juga pengusaha yang mencapai kesuksesan karena menjalankan usaha yang dimulai dari hobi. Hobi apa sajakah yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan?

1. Hobi Memancing Ikan
Jika Anda suka memancing ikan, kenapa tidak memilih hobi ini sebagai peluang usaha sampingan? Berdasarkan pengetahuan yang cukup mengenai teknik memancing, maka ada beberapa cara untuk mengembangkan bisnis ini, yakni dengan menyediakan perangkat memancing dan menjualnya pada sesama penyuka aktivitas memancing ikan.
Jika modal Anda tidak besar, maka Anda dapat menjual keahlian memancing Anda pada para pemancing pemula. Berikan materi mengenai cara memancing efektif, baik secara online maupun offline. Tetapi, jalur online agaknya lebih baik, karena dapat menjangkau orang dalam jumlah lebih banyak.

2. Hobi Memasak
Hobi memasak baik bagi kaum perempuan maupun laki-laki dapat dijadikan peluang usaha sampingan, yakni dengan cara mendirian usaha katering, warung makanan, atau menerima pesanan kue-kue. Anda bisa memasarkan produk Anda melalui internet, untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

3.Hobi Berolahraga
Anda dapat menjual peralatan olahraga, untuk cabang apa saja. Penjualan secara online akan lebih efektif, karena lebih menguntungkan dan irit dalam penggunaan modal. 

Selain memanfaatkan hobi, Anda juga dapat memanfaatkan keterampilan sebagai peluang usaha sampingan. Nah, keahlian atau keterampilan apa sajakah yang bisa dijual?

Keterampilan Sebagai Peluang Usaha Sampingan

1. Keahlian Membuat Website/ Blog
Berdasarkan keahlian ini, seseorang dapat mendirikan jasa layanan pembuatan blog atau website. Berdasarkan beberapa referensi, harga jasa pembautan website/ blog bisa mencapai Rp 500.000 hingga Rp 100 juta per website-nya. Harga ini bergantung pada desain yang dipilih. Makin rumit dan menarik desainnya, tentu harganya akan semakin tinggi.

2. Keahlian Bermain Alat Musik
Keahlian yang satu ini jelas sangat menghasilkan. Seseorang yang mampu memainkan salah satu jenis alat musik dengan baik dapat memberikan les privat di rumah atau mendatangi kediaman murid untuk mengajarkan cara bermain musik.

3.Keahlian Menulis Artikel/Puisi
Anda yang menyukai hobi menulis artikel, cerpen, atau puisi, dapat menjadikan bidang ini sebagai peluang usaha sampingan.  Kirimkan karya Anda ke berbagai media, dan Anda akan mendapatkan honor jika karya Anda berhasil dimuat.

Begitulah beberapa peluang usaha sampingan yang bisa Anda jalankan. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan mengenai peluang usaha sampingan bagi Anda yang berniat menjalankannya.