Tips Memilih Jenis Usaha Sampingan

Tips Memilih Jenis Usaha Sampingan
Jenis-jenis usaha sampingan kini mulai banyak dipertimbangkan, seiring meningkatnya kebutuhan. Ya, bagi golongan menengah ke bawah, kini penghasilan bulanan harus diatur secara ketat agar bisa mencukupi kebutuhan. Karenanya, banyak orang mulai memikirkan bagaimana cara memilih jenis usaha sampingan untuk menambal kekurangan.   

Jika Anda ingin menjalankan usaha sampingan, maka ada banyak jenis usaha yang bisa dipilih. Carilah jenis usaha sampingan yang paling Anda minati, agar Anda dapat menjalankannya dengan senang hati. Inilah jenis-jenis usaha sampingan yang bisa Anda pilih.

Kerajinan Tangan

Anda menyukai karya seni dan kerajinan tangan? Tak ada salahnya memilih jenis usaha sampingan kerajinan tangan. Untuk menjalankan usaha ini Anda tak harus pandai membuat ukiran atau pawai membuat patung. Jika modal Anda tidak besar, memasarkan benda-benda kerajinan tangan milik orang lain pun sudah merupakan pilihan yang baik. Pasarkanlah kerajinan tangan ini secara online agar efektif. Akan lebih baik lagi jika pemasaran tak hanya melalui situs jejaring sosial, melainkan dengan memiliki situs penjualan sendiri. Kerajinan tangan yang bisa dijual misalnya gantungan kunci, barang-barang pajangan seperti patung kayu mungil, atau benda-benda unik berukuran mini untuk kebutuhan gift tanda terimakasih dalam pesta pernikahan.   

Usaha Laundry

Jika Anda tinggal di kawasan padat penduduk, apalagi jika banyak mahasiswa atau karyawan kos, maka usaha laundry merupakan jenis usaha sampingan yang bisa dipilih. Modal awalnya hanyalah mesin cuci dan tempat yang memadai untuk mengoperasikan usaha ini. Pada awal usaha, memiliki satu orang karyawan pun cukuplah. Jika pekerjaan membanjir, secara bertahap Anda bisa merekrut karyawan tambahan, yang penting, dalam hal keuangan,  antara pemasukan dan pengeluaran tetap seimbang.

Usaha di Bidang Jasa

Jenis usaha sampingan di bidang jasa sangat pas bagi mereka yang memiliki modal pas-pasan. Misalnya saja bidang jasa potong rambut, pembuatan desain grafis, pengetikan,terjemahan, pijat syaraf, pengecatan rumah, dan lain-lain. Modalnya tidak besar, yang penting ada kemauan yang keras untuk berusaha.

Usaha Kue Basah

Jika Anda memiliki keterampilan membuat kue-kue basah, jangan sia-siakan kemampuan ini. Tawarkanlah kue-kue basah Anda pada teman, kenalan, dan kerabat. Pada awalnya, mungkin Anda perlu promosi dengan memberikan sampel kue-kue secara gratis, agar mereka bisa tahu rasa dan penampilannya. Kue-kue basah banyak dibutuhkan untuk berbagai acara, seperti arisan, rapat, pengajian, dan lain-lain. Maka, bisa dipastikan, jika pandai berpromosi dan memasarkan, mereka yang menjalankan jenis usaha sampingan ini tak akan kehabisan order.

Namun, jika tak pandai membuat kue basah, Anda bisa saja bergerak di bidang pemasarannya dengan mengambil kue-kue buatan orang lain.

Usaha Minuman

Menjual minuman termasuk jenis usaha sampingan yang bersifat abadi. Bagaimana tidak, semua orang butuh minum. Lalu, pada musim kemarau, ketika cuaca sangat panas, minuman pun bisa jadi komiditi yang cukup laris. Usaha minuman yang bisa dipilih di antaranya adalah es teler, es doger, pop es, dan lain-lain.

Masih banyak jenis-jenis usaha sampingan yang bisa dipilih. Hal yang paling penting, Anda sudah mempersiapkan mental dan tekad yang mantap untuk  menjalankan jenis-jenis usaha sampingan ini.