Tips Mencari Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Tips Mencari Usaha Sampingan yang Menguntungkan
Bagaimana cara mencari usaha sampingan yang menguntungkan? Dewasa ini, kondisi ekonomi yang serba sulit telah menuntut banyak orang untuk mencari usaha sampingan. Dengan melonjaknya besaran pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, maka – sering kali -- gaji bulanan jadi tidak mencukupi lagi.

Untuk memulai usaha sampingan, cobalah pikirkan beberapa bidang usaha potensial dengan modal yang tidak terlalu besar. Pertimbangkan matang-matang untung ruginya, dan bagaimana cara mengelolanya agar tidak merugi. 

Beberapa hal perlu Anda perhatikan jika ingin mencari usaha sampingan adalah:

1. Bidang Usaha

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai berbagai aspek usaha sampingan. Lalu tentukan dengan pasti, bidang usaha yang hendak jalankan. Strategi yang sebaiknya dilakukan adalah bagaimana cara menampilkan ciri khas produk, misalnya pada produk kue brownies kukus atau serabi. Dengan demikian, peluang menuju keberhasilan lebih terbuka walaupun pesaing usaha sejenis cukup banyak. Namun, tak perlu cemas dengan persaingan, karena hal itu merupakan fenomena yang sehat, dan akan memacu pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam berbisnis.

2. Lokasi

Tentukan lokasi usaha Anda. Faktor lokasi cukup menentukan keberhasilan Anda dalam mengoperasikan usaha. Perlu dipahami bahwa lokasi  dengan akses jalan yang sulit akan menghambat usaha, karena konsumen jadi enggan berkunjung.  Sebaliknya, lokasi di kawasan strategis lebih menguntungkan karena memudahkan promosi dan penjualan.

3. Pelanggan

Promosi dari  dari mulut ke mulut merupakan cara publikasi produksi paling efektif dan efisien. Karena itu, berusahalah untuk memuaskan pelanggan semaksimal mungkin, agar kepuasan ini dapat terpublikasi dari mulut ke mulut. Inilah cara ‘pasang iklan’ paling natural dan efektif. 

4. Perencanaan Keuangan

Banyak usaha ambruk akibat kekurangan modal. Karenanya, cobalah kalkulasikan jumlah modal awal untuk menjalankan usaha Anda, dan gunakanlah dana secara efisien untuk menghindari kegagalan pengelolaan keuangan . Perhitungkan pula perkiraan kondisi keuangan selama setahun ke depan, agar kekurangan modal tidak terjadi.

Jangan lupa untuk memikirkan sumber modal. Apakah berupa pinjaman, atau menggunakan uang milik pribadi. Jika sumber dana berupa uang pinjaman, rencanakan bagaimana cara pengembaliannya dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian itu. 

Beberapa Bidang Mencari Usaha Sampingan

Beberapa bidang usaha sampingan yang mudah dijalankan di antaranya adalah bisnis kuliner, bisnis pakaian, kerajinan tangan, jasa penitipan anak, jasa pencucian helm, jasa tata eksterior (pertamanan), lundry, dan sebagainya.

Dalam mencari usaha sampingan pastilah akan muncul beberapa hambatan. Namun, jangan pernah putus asa untuk menghadapinya, karena orang-orang sukses adalah mereka yang mampu membebaskan diri dari berbagai kesulitan tanpa kehilangan semangat. Mencari usaha sampingan seringkali tidaklah semudah dalam teori, namun jika Anda berpikir bahwa Anda bisa, maka semangat dalam merintis usaha takkan pernah surut, sehingga kesuksesan akan mengikuti Anda.