Tips Merintis Usaha Sampingan Rumahan

Tips Merintis Usaha Sampingan Rumahan
Anda mau merintis usaha sampingan rumahan? Ya, usaha sampingan rumahan memang sangat praktis dari sisi tempat, karena Anda tak perlu memikirkan lokasi usaha.

Bagaimanapun, lokasi usaha termasuk aspek yang perlu dipertimbangkan secara matang. Apakah cukup strategis, ataukah harga sewanya cukup terjangkau, apakah luasnya memadai, dan sebagainya. Nah, dengan merintis usaha sampingan rumahan, Anda tak perlu memikirkan hal-hal yang ribet ini.

Namanya juga usaha sampingan rumahan, tentu saja dijalankan di rumah sendiri.

Kelebihannya, jika usaha ini sudah jalan, Anda tak perlu biaya transportasi menuju lokasi usaha. Cukuplah menjalankannya di rumah saja, seraya melakukan aktivitas rutin lainnya di rumah.

Apa saja usaha sampingan rumahan yang bisa dijalankan dan tidak begitu sulit dirintis?

1. Buka Warung Sembako
Warung khusus sembako tidak membutuhkan modal terlalu besar. Hal yang paling penting tersedia bahan-bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir,  terigu, dan lain-lain. Kebutuhan orang akan sembako tiada habisnya, sehingga Anda tak akan kehabisan pembeli jika menjalankan usaha ini.

2. Membuka Usaha Gorengan
Membuka usaha gorengan merupakan usaha sampingan yang bisa dipertimbangkan. Modalnya tidak besar, dan dana ini bisa berputar sehingga pelaku usahanya tidak perlu terus menerus menambah modal, kecuali jika mau menambah omzet. Tampaknya, usaha ini begitu sederhana. Namun, dengan pengelolaan yang serius, usaha sampingan rumahan ini bisa berkembang besar, hingga menjadi grosir usaha gorengan.

3. Membuka Warung Nasi
Jika Anda senang memasak, pilihlah usaha warung nasi. Modalnya tidak perlu besar, dan bisa dijalankan di rumah sendiri, tanpa harus mengontrak tempat dengan harga sewa yang mahal. Buatlah masakan dengan resep-resep yang telah Anda kuasai. Untuk mengawali usaha ini, jenis masakan tak perlu banyak, yang penting rasanya enak dan bisa membuat orang penasaran untuk memakannya lagi.

4. Membuka Usaha Menjahit Baju
Bisa jadi, Anda sendiri kurang menyadari bahwa sebenarnya Anda memiliki potensi terpendam. Nah, Anda suka menjahit baju sendiri? Cobalah kembangkan potensi Anda yang satu ini menjadi usaha sampingan rumahan. Modal awalnya cukuplah dengan satu mesin. Tawarkan jasa Anda pada orang-orang terdekat dan tetangga.

5. Jasa pengetikan
Anda memiliki komputer dan printer? Kenapa tidak dipergunakan sebagai lahan usaha sampingan rumahan?  Bisa jadi, tak semua tetangga Anda memiliki komputer sendiri, sementara kadang-kadang mereka perlu mengetik sesuatu. Dengan menerima jasa pengetikan, Anda telah menjawab kebutuhan pengetikan orang-orang di sekitar Anda. Mereka senang, Anda pun senang.

6. Membuka Jasa Servis Ponsel
Jika Anda senang mengotak-atik ponsel dan terampil mereparasi HP rusak menjadi bagus lembali, maka beruntunglah Anda, karena bisa membuka usaha sampingan rumahan berupa servis ponsel.

Demikianlah usaha sampingan rumahan yang bisa Anda jalankan. Pilihlah bidang usaha yang paling Anda sukai. Nah, selamat merintis usaha sampingan rumahan, semoga sukses!