Tips menjalankan Usaha Sampingan Reseller

Tips menjalankan Usaha Sampingan Reseller
Bagaimana cara menjalankan usaha sampingan reseller? Syarat utamanya adalah giat menggali informasi mengenai calon supplier sekaligus  mencermati berbagai produk yang kira-kira bisa dijual. Banyak orang yang sukses menjalankan usaha sebagai reseller, namun ada juga segelintir orang yang gagal total. Padahal, jika tahu triknya, usaha sampingan reseller bisa jadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Bagaimana caranya agar sukses menjalankan usaha sampingan reseller?

1. Mengambil produk langsung dari supplier.
Pastikan untuk mengambil produk langsung dari supplier. Selain harga jualnya relatif lebih rendah, hal inipun akan memudahkan perolehan informasi mengenai keadaan stock ready suatu barang. Masalahnya, kadang ada oknum reseller yang mengakui dirinya supplier, untuk mendapatkan reseller.

Maka, carilah supplier terpercaya melalui pencarian informasi di internet. Segera datangi alamat yang bersangkutan, untuk melihat secara langsung  kondisi produk maupun stoknya. Selalu lakukan cek dan ricek terhadap kondisi produk maupun supplier.

2. Jangan Terprovokasi Perilaku Costumer
Seringkali, reseller sudah menyampaikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk yang hendak dijual. Namun, selalu saja ada costumer terus menerus bertanya tentang hal-hal yang sudah dijelaskan. Dalam menjalankan usaha sampingan reseller, penjual dituntut untuk bersabar dan tidak terbawa emosi. Jawab saja seluruh pertanyaan dengan senang hati.
Memang masuk akal jika customer cerewet,  karena pada dasarnya hanya melihat produk melalui internet. Hal ini sungguh berbeda dengan penjualan konvensional di mana konsumen dapat melihat sekaligus mengamati produk yang hendak dijual. Dalam hal, ini reseller  wajib berlapang dada seraya tetap menyunggingkan senyum.

3. Jangan Terlambat Menyampaikan Respons
Jika mendapatkan pertanyaan, jawablah secara jelas dan ramah. Selain itu, jalinlah komunikasi dengan baik, luwes, menyenangkan, dan tidak kaku, agar usaha sampingan reseller Anda berhasil menggaet konsumen sebanyak-banyaknya. Hindari keterlambatan dalam menjawab pertanyaan, agar setiap customer merasa diperhatikan. 

4. Memastikan Keadaan Stok
Selalu pastikan ketersediaan stok barang agar bisa memastikannya ketika konsumen bertanya. Hindari menjawab secara asal atau menebak-nebak. Bahayanya adalah ketika terjadi fakta yang bertentangan, Anda menyebutkan stok tersedia sementara kenyataannya sedang kosong.

5. Selalu Mencatat Transaksi Harian
Catatlah setiap transaksi harian secara langsung. Membukukan transaksi yang sudah menumpuk sangatlah merepotkan, karena berpeluang mengganggu akurasinya. Hindari memandang remeh pencatatan transaksi dalam usaha sampingan reseller, karena hal ini bisa berakibat fatal dan menjadi kegagalan usaha.
Demikianlah tips usaha sampingan reseller. Satu hal yang sebaiknya tidak diabaikan adalah selalu bersikap ramah, sekalipun Anda – misalnya – sedang dirundung masalah.

Utamakanlah kepentingan cutomer. Selain itu, jangan pernah lupa untuk menelfon balik jika Anda sudah berjanji untuk menelfonnya untuk menyampaikan informasi yang diminta customer. Nah, selamat menjalankan usaha sampingan reseller!