Usaha Sampingan Karyawan – Cerdas

Usaha Sampingan Karyawan – Cerdas
Anda seorang karyawan? Gaji Anda mepet? Inilah saatnya bagi Anda untuk memikirkan usaha sampingan karyawan. Usaha sampingan karyawan ini banyak ragamnya. Jika Anda bingung dengan masalah modal, maka pilihlah usaha dengan modal minimal namun dengan hasil maksimal.

Memanfaatkan Peluang

Usaha sampingan karyawan bisa ditempuh dengan memanfaatkan relasi-relasi Anda di kantor. Selain itu, usaha yang dijalankan bisa variatif dan berganti-ganti. Namun yang penting, intinya adalah sama: menjual sesuatu.  Apa saja yang harus ditempuh untuk memulai usaha sampingan karyawan?

Untuk menjalankan usaha sampingan, Anda dituntut untuk jeli, cerdik, dan cerdas mengamati situasi. Cermatilah dari waktu ke waktu, barang atau benda-benda apa saja yang sedang dibutuhkan banyak orang pada waktu tertentu.

1. Menjelang Bulan Puasa
Cobalah amati, benda-benda atau makanan apa saja yang biasa dibutuhkan banyak orang pada bulan puasa? Manisan kurma dan berbagai jenis makanan cepat saji seperti nugget, sosis, atau abon, terbilang kebutuhan di bulan puasa untuk memenuhi makanan yang praktis saat sahur. Cobalah untuk menyediaan barang-barang ini, dan tawarkan pada teman dan relasi di kantor.

2. Menjelang Lebaran
Menjelang Lebaran, biasanya banyak orang memerlukan baju baru, sandal, atau sepatu baru. Gunakan kesempatan ini sebagai usaha sampingan karyawan. Sediakanlah berbagai jenis pakaian, mulai pakaian untuk anak perempuan, anak laki-laki hingga busana muslim. Jika harganya cukup tinggi, Anda bisa menyediakan fasilitas cicilan baju. Untuk baju cicilan, biasanya hargaya lebih tinggi dibanding pakaian yang dibayar secara kontan.

3. Usaha di Musim Kemarau
Di musim kemarau, Anda bisa menyediakan aneka minuman dingin di kantor. Sediakanlah tas khusus untuk menyimpan minuman dingin. Biasanya berbentuk kotak dengan penutup plastik tebal berlapis. Tawarkan minuman dingin ini ketika hari sedang panas menyengat, pada teman-teman di kantor. Bisa jadi, mereka akan menyambut minuman dingin ini dengan suka cita. Tak perlu malu menjajakan minuman pada teman-teman, karena mereka pun memerlukan barang yang Anda tawarkan.

4. Usaha di Musim Tahun Ajaran Baru
Buku-buku, tas sekolah, alat tulis, sepatu sekolah, dan lain-lain, merupakan benda-benda yang banyak diburu di tahun ajaran baru. Cobalah menyediakan benda-benda ini. Tawarkan dengan fasilitas kredit pada rekan-rekan kantor. Bisa jadi, akan banyak orang merasa terbantu dengan fasilitas kredit ini, walaupun – sebenarnya – harganya jadi lebih mahal.

5. Menjual Kue Kering Menjelang Lebaran
Menjual aneka kue kering menjelang Lebaran juga bisa dipilih sebagai salah satu usaha sampingan karyawan. Jika Anda bukan seorang pembuat kue yang baik, maka jadilah seorang penjual kue yang baik. Ambillah kue dari grosir kue kering yang berharga miring namun memiliki tampilan menarik dengan rasa yang enak.

Bidang-bidang usaha tadi sekedar contoh saja. Sebenarnya, masih banyak usaha sampingan karyawan lainnya yang bisa Anda tentukan sendiri, sesuai minat dan kesukaan.