Usaha Sampingan Mahasiswa yang Menguntungkan

Usaha Sampingan Mahasiswa yang Menguntungkan
Adakah usaha sampingan bagi mahasiswa? Tentu saja banyak! Ya, jadi mahasiswa, seringkali, menuntut kemandirian plus. Pada usia dewasa seperti ini, tentu mulai muncul rasa malu jika sedikit-sedikit minta uang pada orangtua.

Usaha sampingan bagi mahasiswa tentu bakal mendatangkan manfaat. Selain merupakan ‘latihan’ mencari nafkah, usaha sampingan juga merupakan salah satu sarana mengasah kekuatan mental, tentang bagaimana menghadapi konsumen yang rewel, bagaimana cara meningkatkan omzet, atau bagaimana menghadapi kondisi usaha yang statis.    

Apabila Anda seorang mahasiswa yang tengah galau memikirkan usaha sampingan, cobalah cerahkan pikiran Anda dengan membaca berbagai referensi tentang dunia usaha, agar Anda bisa mengetahui strategi dan trik-triknya.

Berikut ini adalah ide-ide usaha sampingan mahasiswa, siapa tahu bisa menginspirasi Anda. Simak, deh.

1. Bimbingan belajar. Jika Anda seorang mahasiswa yang tinggal di tempat kos, tentu sulit untuk minta ruangan tambahan sebagai tempat untuk memberikan bimbingan belajar. Maka, solusinya adalah mendatangi tempat tinggal murid bimbingan belajar, dan memberikan bimbingan secara privat. Tawarkan usaha sampingan mahasiswa ini pada keponakan teman-teman, atau anak-anak sepupu Anda. Jika pelayanan bimbingan Anda memuaskan, tentu murid pun akan bertambah.

2. Menulis Artikel. Peluang ini sangat menjanjikan bagi Anda senang membaca dan menulis artikel. Caranya, bisa dengan menulis artikel online, bisa juga dengan mengirimkan karya Anda ke media cetak. Usaha sampingan ini – sebenarnya – merupakan bisnis yang paling pas bagi mahasiswa. Selain bisa mengasah daya kritis dan kecerdasan, aktivitas menulis artikel juga bisa menumbuhkan writing habit atau kebiasaan menulis di kalangan intelektual.  Percayalah, di masa mendatang, aktivitas menulis akan membawa banyak manfaat bagi Anda. Sebuah pepatah Rusia menyebutkan, “Seseorang yang gemar berpikir dan menulis akan memenangkan persaingan setingkat lebih mudah dibandingkan mereka yang tidak suka menulis”. Jadi, tunggu apa lagi?

3. Laundry Anak Kos
Jika memiliki mesin cuci di rumah, Anda bisa menjalankan usaha sampingan laundry khusus bagi anak kos. Tak masalah jika mesin cuci yang bersangkutan merupakan milik orangtua. Bagi aktivitas produktif yang jelas hasilnya, agaknya orangtua akan bersedia meminjamkan mesin cucinya. Tawarkanlah usaha sampingan mahasiswa ini pada teman-teman dekat dulu. Jika ada respons positif, Anda bisa memperluas usaha dengan berpromosi pada mahasiswa kakak kelas atau adik kelas.

4. Servis Laptop
Anda mahasiswa yang senang mengotak atik laptop? Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda buka usaha sampingan mahasiswa berupa servis laptop bagi teman-teman sekampus. Tak perlu servis berat yang berisiko tinggi. Cukuplah menjalankan bisnis pembasmi virus laptop. Bukan rahasia, laptop yang digunakan mahasiswa banyak digunakan untuk berinternet. Maka, tak heran, banyak virus dari jagat maya yang menyerang software dalam laptop. Jika Anda piawai membetulkannya, tentu skill ini bisa dijadikan usaha sampingan mahasiswa.