Usaha Sampingan PNS

Usaha Sampingan PNS
Pernahkah Anda terpikir untuk melakukan usaha sampingan sebagai PNS ? Bila iya, maka Anda pasti sudah menentukan usaha sampingan apa yang akan dijalankan. Namun bila Anda belum menentukannya disini saya akan memberikan ide usaha sampingan sebagai PNS yang memang memiliki penghasilan tetap.

Bila kebetulan rumah Anda berada di tempat strategis dimana banyak orang lewat, membuka usaha warnet adalah sebuah ide yang bagus. Memang semakin banyak orang yang memiliki komputer dan koneksi internet di rumah sendiri tetapi bila Anda menambahkan game online pada komputer – komputer di warnet yang anda buat, bisa dijamin warnet Anda tidak akan sepi pengunjung. Disamping itu, tentu saja usaha warnet tidak akan mengganggu aktivitas Anda sebagai PNS. Anda bisa saja membayar seseorang untuk menjadi operator di warnet yang Anda miliki itu. Kesimpulannya, bila Anda memiliki tempat usaha yang strategis serta memiliki kenalan di bidang komputer dan jaringan usaha warnet ini adalah sebuah pilihan yang bagus.

Membuka usaha loket PPOB juga pilihan yang bagus untuk usaha sampingan sebagai PNS. PPOB merupakan sebuah loket yang bekerjasama dengan bank dalam melakukan pembayaran baik itu pulsa listrik, pulsa untuk telepon seluler, dan sebagainya. Membuka usaha ini sudah pasti tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda, Anda bisa menyerahkan tugas untuk menjadi penjaga loket PPOB ini ke istri atau anak Anda karena memang terbilang mudah dalam menjalankannya.

Bisnis franchise juga merupakan ide bagus. Tentu saja karena Anda tidak perlu repot mengurus ini itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah membeli franchise tersebut dan menunggu keuntungan yang dihasilkan. Sistem bisnis franchise ini memang sudah ditentukan oleh pemilik franchise sehingga bisnis ini memang cukup menguntungkan dan tidak memiliki risiko yang besar.

Membuka toko online, pernahkah Anda terpikir berbisnis online ? jika belum pernah maka sebaiknya Anda memasukkan juga bisnis ini ke dalam daftar pertimbangan usaha sampingan sebagai PNS. Yang pertama karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar sehingga otomatis resiko dari bisnis ini pun tidak besar. Yang kedua karena tidak menyita banyak waktu sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Yang ketiga adalah calon pembeli yang tidak terbatas, tidak tertutup kemungkinan akan ada calon pembeli dari luar negeri yang berminat pada barang yang anda tawarkan lewat toko online. Sangat menguntungkan bukan ?

Yah, sebenarnya selain bisnis – bisnis yang sudah saya sebutkan diatas sudah pasti masih banyak bisnis lainnya yang masih bisa Anda jalani tanpa harus mengganggu pekerjaan utama Anda. Tetapi bisnis – bisnis diatas adalah bisnis yang menurut saya cocok menjadi usaha sampingan sebagai PNS. Selain karena tidak menyita waktu juga memiliki keuntungan yang lumayan bila dijalani dengan sungguh – sungguh.